Greenhouse Pintar dan Irigasi Pintar

by: Faisal

Greenhouse pintar atau yang biasa disebut smart greenhouse adalah salah satu metode untuk melakukan kegiatan pertanian. Seperti yang kita tahu salah satu tantangan terbesar Petani adalah cuaca ekstrem yang sering mengakibatkan kegagalan dalam bertani. 

Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan metode greenhouse pintar atau smart greenhouse

Menurut Malikul Ikram, Researcher BIOPS Agrotekno

Greenhouse Pintar atau Smart Greenhouse itu seperti namanya dia greenhouse yg “smart”, yg bisa mengetahui kondisi lingkungan di dalamnya dan bisa memberikan kondisi yg dibutuhkan untuk tanaman di dalamnya.

Konstruksi dan spesifikasi Smart Greenhouse

Smart Greenhouse biasanya terdiri atas ruang tanam dan ruang antara (ruang kontrol). Ruang antara digunakan untuk menghindari kontak langsung ruang tanam dengan lingkungan luar. Ruang antara berfungsi sebagai tempat  Integrated Hardware Control (perangkat keras pengendalian terpusat). Biasanya juga berfungsi untuk sterilisasi pegawai yang akan masuk ke ruang tanam.

Smart Greenhouse dilengkapi alat otomatis seperti sensor suhu, kelembaban, dan cahaya matahari pada satu titik tempat di dalamnya (mewakili kondisi iklim mikro), sehingga memberikan data lingkungan yang kemudian diatur oleh blower, exhaust fan, misting, dan shading net.

Kombinasi Smart Greenhouse Dengan Encomotion

Smart Greenhouse dibuat untuk budidaya hortikultura (direkomendasikan komoditas yang memiliki nilai jual yang tinggi). Greenhouse yang terkontrol meningkatkan produktivitas yang optimal di berbagai kondisi cuaca panas maupun hujan. Untuk melengkapi alat otomatis dalam greenhouse, Sobat BIOPS bisa menggunakan ENCOMOTION yang terdiri atas Sijamoor Indoor (Sistem Jago Monitoring) dan Siramot (Siram otomatis). ENCOMOTION bisa dipantau melalui aplikasi yang bisa di download handphone android dan juga website resmi kami.

BIOPS Agrotekno terus menganalisa kebutuhan pertanian sehingga bisa memberikan solusi yang tepat guna. Jadi, bagaimana menurut Sobat BIOPS? Apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk konsultasi gratis bersama kami!

 

Sumber: Kementrian Pertanian RI